Buku Pertanian - Potret Bagi Hasil Pertanian

Buku Pertanian - Potret Bagi Hasil Pertanian

Buku Pertanian - Potret Bagi Hasil Pertanian | Petani dalam melakukan penggarapan kadang-kadag memperkerjakan seseorang untuk membantunya. Seseorang tersebut biasanya orang dekat petani, baik keluarga maupun teman. Orang yang membantu petani penggarap ini dalam akuntansi dianggap sebagai pekerja tambahan yang akan mendapatkan upah yang mengurangi profit (keuntungan) usaha. Jadi tidak seharusnya petani penggarap membagikan sebagian hasilnya kepada pekerja tambahan atau buruh tani. Sistem bagi hasil yang diterapkan juga tidak memiliki aturan yang jelas terkait pembebanan biaya dan pembagian hasil setelah panen. Penanggungan biaya mengikuti kebiasaan. Biasanya penggarap diwajibkan menyediakan bibit padi dan hewan bajak. Pembebanan terhadap kerugian yang berpotensi tidak proporsional ini berimplikasi secara langsung terhadap tingkat kesejahteraan perekonomian petani penggarap, apalagi jika hasil dari panen tanah garapan tersebut merupakan sumber penghasilan satu-satunya bagi petani penggarap.

Buku ini mencoba mencari fenomena-fenomena tersebut dan menjawab kenapa bisa terjadi?. Tentu jawaban yang diberikan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tidaklah sempurna karena perspektif yang digunakan juga mempunyai keterbatasan. Dalam menguraikan jawabanjawaban tersebut menggunakan studi interpretatif dengan pendekatan fenomenologi. Pada intinya buku ini menyajikan fenomena-fenomena yang berkaitan dengan bagi hasil pertanian.


Buku pertanian ini dikembangkan dari penelitian kami bersama mahasiswa yang berjudul sistem maro dan nelu pada perjanjian bagi hasil pertanian (sebuah studi fenomenologi) ini bermula karena keresahan penulis mencermati dan mengamati beberapa bagi hasil yang dilakukan oleh para petani tidak melakukan pencatatan hanya sistem kepercayan yang diterapkan. Pada saat itu penulis mempunyai hasrat untuk mencari tahu apakah benar fenomena tersebut itu? Hasrat itu akhirnya berlanjut dan berkembang setelah penulis mengajar etika bisnis dan profesi dan akuntansi syariah sehingga memang layak untuk di teliti supaya dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang merencanakan skripsi untuk menambah referensi dalam hal metodologi kualitatif dan juga daalam teori bagi hasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Pertanian - Biokimia Pangan Dasar

Buku Pertanian - Gulma dan Pengendaliannya

Buku Pertanian - Kelembagaan Pertanian dan Perikanan dalam Rangka Ketahanan Pangan