Buku Pertanian - Hidrolika Saluran Terbuka

Buku Pertanian - Hidrolika Saluran Terbuka

Buku Pertanian - Hidrolika Saluran Terbuka | Dalam ilmu hidrolika secara umum dikenal terdapat dua pengaliran, yaitu : aliran dalam saluran terbuka (open channel flow), seperti pada sungai, kanal, saluran irigasi, dan aliran dalam pipa (pipe flow), seperti pada jaringan distribusi air bersih. Aliran pada saluran terbuka secara teknis dapat didefinisikan sebagai aliran air pada saluran alamiah maupun buatan yang memiliki permukaan bebas, dimana tekanan yang terjadi adalah sama dengan tekanan atmosfer. Hal ini yang kemudian membedakannya dengan aliran dalam pipa, dimana tekanan yang terjadi adalah tekanan hidraulik.

Dalam saluran terbuka, aliran terjadi akibat adanya gaya gravitasi yang mempengaruhi zat cair di sepanjang saluran yang dilaluinya. Akibat pergerakan ini menyebabkan terjadinya transfer massa, energi dan momentum di sepanjang aliran. Pada bagian ini coba dijelaskan aksi-reaksi pada aliran yang didasarkan pada hukum konservasi massa, energi dan momentum. Peninjauan proses ini hanya didasarkan pada aliran satu dimensi saja.

Buku ini berisi teori dasar dalam mempelajari hidrolika. Berawal dari pendefinisian tentang aliran saluran terbuka yang di dalamnya diuraikan pula klasifikasi aliran, parameter penampang saluran, dan hokum konservasi pada saluran terbuka. Pada pembahasan selanjutnya, penulis memaparkan teori aliran seragam yang meliputi proses terjadinya aliran seragam, distribusi kecepatan, tampang lintas ekonomis, dan factor penentu dalam pemilihan saluran. Lalu dipaparkan pula tentang aliran tidak seragam dan aliran berubah lambat laun.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Pertanian - Biokimia Pangan Dasar

Buku Pertanian - Gulma dan Pengendaliannya

Buku Pertanian - Kelembagaan Pertanian dan Perikanan dalam Rangka Ketahanan Pangan