Buku Pertanian - Budidaya Buah-Buahan Tropis

Buku Pertanian - Budidaya Buah-Buahan Tropis
Buku Pertanian - Budidaya Buah-Buahan Tropis || Buah-buahan adalah produk hortikultura yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia di samping sayur-sayuran. Sebagaimana sayuran, buah-buahan mengandung berbagai bahan gizi, terutama vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang tidak dapat digantikan dari sumber-sumber lain. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan lebih aman bagi kesehatan karena umumnya tidak menimbulkan efek samping yang dapat merugikan kesehatan. Oleh karenanya, mengonsumsi buah-buahan setiap hari sangat dianjurkan guna mendapatkan manfaat yang maksimal, dan manfaat buah-buahan jauh lebih besar dibandingkan harganya.

Meningkatnya impor buah-buahan di sejumlah negara di dunia merupakan peluang emas yang harus dimanfaatkan oleh pelaku agribisnis buah-buahan Indonesia, terutama petani buahbuahan. Oleh karenanya, pengembangan sektor hortikultura, khususnya buah-buahan, akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan devisa negara. Dengan demikian, peningkatan daya saing buah-buahan Indonesia merupakan upaya mutlak yang tidak dapat ditawar.

Manuwoto (2010) mengemukakan bahwa salah satu factor pendukung tercapainya masyarakat makmur yang berkeadilan adalah berkembangan industri buah nasional. Meningkatnya konsumsi buah nasional akan meningkatkan asupan gizi masyarakat yang pada gilirannya akan mendukung ketahanan pangan nasional. Dewasa ini tingkat konsumsi buah Indonesia baru mencapai 40 kg per kapita per tahun. Sementara menurut standar WHO, tingkat konsumsi buah ideal adalah 70 kg per kapita per tahun. Hal ini menunjukkan bahwa untuk mencapai tingkat kesehatan dan kesejahteraan yang ideal, industri buah-buahan nasional masih sangat berpeluang untuk terus dikembangkan.

Buku pertanian ini disusun dengan maksud untuk menambah bahan rujukan di bidang hortikultura, khususnya buah-buahan tropis khas unggulan Indonesia. Materi yang disajikan disesuaikan dengan jenis komoditas buah-buahan yang diunggulkan dan diprioritaskan pengembangannya di Indonesia, yang mencakup aspek-aspek sejarah, botani, budidaya, pascapanen, pemanfaatan serta prospek agribisnisnya. Selain itu, materi juga didukung oleh berbagai hasil penelitian baik di dalam maupun di luar negeri, khususnya yang terkait dengan komoditas buah-buahan yang disajikan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Pertanian - Biokimia Pangan Dasar

Buku Pertanian - Gulma dan Pengendaliannya

Buku Pertanian - Kelembagaan Pertanian dan Perikanan dalam Rangka Ketahanan Pangan