Buku Pertanian - CCP dan CP Pada Proses Pengolahan CPO dan CPKO

Buku Pertanian - CCP dan CP Pada Proses Pengolahan CPO dan CPKO
Buku Pertanian - CCP dan CP Pada Proses Pengolahan CPO dan CPKO | Tanaman kelapa sawit (Elaeis guinensis Jacq) adalah tanaman berkeping satu yang termasuk dalam famili Palmae. Warna daging buahnya ialah putih kuning ketika masih muda dan berwarna jingga setelah buah menjadi matang. Minyak yang diperoleh dari daging buah disebut dengan minyak kelapa sawit kasar (CPO), sedangkan minyak yang diperoleh dari biji buah disebut dengan minyak inti sawit (CPKO). Varietas tanaman kelapa sawit dibedakan atas dua yaitu : (1) berdasarkan ketebalan tempurung dan daging buah yang menyebabkan perbedaan jumlah rendemen minyak kelapa sawit, sehingga diketahui rendemen minyak paling tinggi terdapat pada varietas tenera yaitu mencapai 22 - 24% sedangkan pada varietas dura hanya 16 – 18%, (2) berdasarkan warna kulit buah dari mentah sampai masak.

Sifat fisik minyak kelapa sawit adalah tidak larut dalam air sedangkan sifat kimia dari minyak kelapa sawit terjadi reaksi hidrolisa, reaksi penyabunan dan reaksi oksidasi. Minyak sawit mengandung asam lemak jenuh asam palmitat (C16) sekitar (40-46%), kandungan asam lemak tidak jenuh yaitu asam oleat (C 18:1) sekitar (39-45%) dan asam linoleat (7-11%), sedangkan pada minyak inti sawit didominasi oleh asam laurat (46-52%), asam miristat (14-17%) dan asam oleat (13-19%). Penentuan kriteria matang panen sangat penting bagi mutu produk akhir karena terkait dengan tingkat kematangan buah. Kriteria umum yang banyak dipakai adalah berdasarkan jumlah brondolan. Tanaman dengan umur kurang dari 10 tahun, jumlah brondolan kurang lebih 10 butir. Tanaman dengan umur lebih dari 10 tahun, jumlah brondolan sekitar 15-20 butir.

Minyak sawit juga memiliki keunggulan dalam hal susunan dan nilai gizi yang terkandung di dalamnya seperti kandungan kolesterol minyak kelapa sawit yang memang rendah (bahkan digolongkan bebas kolesterol), juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat minyak sawit di antaranya sebagai bahan baku untuk industri pangan, industri nonpangan, dan sebagai salah satu bahan penghasil biodiesel.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Pertanian - Biokimia Pangan Dasar

Buku Pertanian - Gulma dan Pengendaliannya

Buku Pertanian - Kelembagaan Pertanian dan Perikanan dalam Rangka Ketahanan Pangan